Kesehatan

9 Jenis Diet yang Populer di Dunia

Atkins Diet

Atkins diet dikenal banyak orang sebagai pendekatan gizi atkins adalah diet rendah karbohidrat. Diet ini diperkenalkan ole Robert Atkins. Pada awalnya Atkins terinspirasi dari sebuah majalah penelitian dengan judul pengurangan berat badan oleh Alfred W. Pennington. Majalah ini terbit pada tahun 1958 di the Journal Of Americal Medical Association.

Metode Atkins pertama kali diperkenalkan pada tahun 1972 dengan judul buku Dr. Atkins diet revolution. Buku kedua Dr. Atkins new diet revolution terbit pada tahun 2002 dengan pembaharuan.

Pada awalnya diet atkins ini dianggap tidak sehat oleh sebagian orang, karena terlalu banyak mengurangi karbohidrat. Selain itu, diet atkins juga mengkonsumsi makanan rendah lemak. Setelah dilakukan serangkaian penelitian metode diet atkins tidak berbahaya bagi kesehatan.

Alasan utama diet rendah karbohidrat sangat efektif menurunkan berat badan adalah ketika orang yang menjalani program diet ini mengurangi banyak asupan karbohidrat dan makan lebih banyak protein. Dengan hal ini, mampu menekan nafsu makan dan menurunkan berat badan.

Program diet Atkins ini dibagi dalam beberapa tahap yaitu tahap induction, balancing, fine tuning dan maintenance. Saat menjalani diet program atkins juga ada larangan beberapa jenis makanan untuk dikonsumsi.

Diet Mayo

Diet mayo dikembangkan oleh diet mayo clinic di Minnesota. Diet mato dimlai dengan periode dua minggu dimana mengubah lima kebiasaan buruk tertentu dan akan diganti dengan lima kebiasaan baik yang spesifik. Selebihnya diet mayo menganjurkan olahraga dengan porsi yang sudah diatur.

Program diet mayo dirancang untuk memungkinkan berat badan akan susut sebanyak 1-2 pound per minggu.

Program ini juga dikenal memiliki dua fase yaitu lose it dan live it.

Sejauh mana efektif bekerja belum ada penelitian tentang diet mayo klinik itu sendiri. Tapi, pakar diet menganjurkan untuk mencoba diet ini. Misalnya, mengganti kebiasaan-kebiasaan buruk seperti makan makanan junk food dengan buah-buahan.

Diet Sesuai dengan golongan darah

Diet ini dikenal dengan nama blody type diet. Diet ini diperkenalkan pertama kali oleh Peter J. D’naturopath Adamo. D’adamo mengklaim bahwa makanan yang Kamu makan bereaksi secara kimiaei dengan jenis golongan darah. Jika mengikuti program diet ini, tubuh akan mencerna makanan yang lebih efisien. Dan tentunya berat badan akan susut disamping membantu mencegah penyakit.

Pada tahun 2013 tidak ada bukti ilmiah yang mendukung diet sesuai dengan golongan darah. Dan tidak ada bukti klinis bahwa ini bisa meningkatkan kesehatan. Peter J. D’naturopath Adamo satu-satunya orang yang sangat mendukung jenis diet ini.

Terlepas dari pernyataan penelitian tersebut. Tergantung minat dan keinginan seseorang apakah ingin menjalani program diet ini ataupun tidak.

Raw Food Diet

Raw food diet juga dikenal dengan nama raw foodism. Diet ini pada prakterknya menganjurkan hanya makan makanan mentah yang belum diproses. Praktek diet ini tergantung individu seseorang dimana pemilihan makanan dan gaya hidup yang diinginkan. Dalam hal ini termasuk memilih makanan mentah yang dikonsumsi seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, kuning telur, dan lain-lain.

Kamu akan kehilangan berar badan jika mengikuti diet ini. Karena banyak makanan mentah yang dikonsumsi rendah kalori, lemak dan tinggi serat. Ada satu studi mengatakan bahwa diet makanan mentah bekerja untuk menurunkan berat badan. Selain itu tubuh juga akan menerima asupan gizi.

Pilihlah jenis makanan yang berbasis tumbuhan yang tinggi vitamin, mineral dan serat. Saya sangat menyarankan untuk mengkonsumsi jenis buah-buahan untuk diet yang sehat.

Pada kenyataannya benar memang, jika makanan sudah dimasak dapat merusak zat-zat alami yang terkandung dalam makanan tersebut. Alasan inilah yang dipercaya sebagian orang saat menjalani program diet ini.

Diet OCD (Obsesive Corbuzer Diet)

Diet ini diperkenalkan oleh selebrity Indonesia Dedy Corbuzer beberapa tahun lalu. Metode diet ini sangat disenangi banyak orang sejak peluncuran perdananya. Metode yang diajarkan tidak sama dengan jenis diet pada umumnya yang mengganti atau menurunkan porsi makanan. Justru OCD menganjurkan Kamu untuk makan sepuasnya, namun dengan mengikuti tahap yang diajarkan.

Istilah yang digunakan metode diet OCD yaitu jendela makanan. Dimana Kamu dituntut selama jendela makanan tersebut harus makan dan setelahnya Kamu harus berpuasa tidak boleh mengkonsumsi semua jenis makanan selain air putih. Selain berpuasa dan minum air putih, Kamu diharuskan untuk berolahagara rutin setiap hari minimal 15 menit.

Sudah banyak orang sukses menjalani jenis diet ini. Bahkan, saya pernah menjumpai seseorang yang menerapkan diet OCD bisa turun berat badan hingga 15 kg hanya dalam satu bulan.

Secara pribadi saya belum berani  menerapkan diet OCD. Karena diharuskan berpuasa. Takutnya muncul masalah lain seperti magh.

Bagi Kamu yang ingin menerapkan program diet ini, bisa mengiktui tahap-tahap yang dianjurkan dalam metode diet OCD.

South Beach Diet

South Beach Diet adalah jenis diet yang populer di dunia yang dikembangkan oleh Arthur Agastson pada tahun 2003. Buku diet ini lakuk keras sejak perdana dipopulerkan pada tahun 2003. Diet ini menganjurkan untuk makan jenis makanan tinggi serat, rendah lemak. Dalam buku tersebut dikatakan jika mengikuti program diet ini akan menurunkan berat badan 8-13 pound dalam satu minggu.

Penjelasan secara umum, south beach diet memiliki tiga tahap diet yaitu tahap pertama yang paling ketat dimana tidak boleh makan nasi, roti, kentang, pasta ataupun buah. Pada tahap kedua Kamu kembali menambah beberapa jenis makanan pada tahap pertama. Dan tahap terakhir Kamu diharuskan menjaga berat badan yang sudah mulai turun. Pada tahap ini Kamu sudah bisa memilih jenis makanan yang baik untuk kebutuhan tubuh.

Khusus pada tahap pertama, national health service melaporkan beratnya tahap pertama diet ini dapat mengakibatkan kehilangan vitamin, protein mineral dan serat. Selama pembatasan tahap pertama NHS juga melaporkan dapat menyebabkan efek samping seperti mual, sembelit, bau mulut, mulut kering, kelelahan, pusing dan juga insomnia. Gejala ini akan berhenti setelah memasuki tahap selanjutnya.

Bagi Kamu yang rentan saya tidak menganjurkan diet ini walaupun sangat popular di Negara barat. Ditakutkan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, dan memerlukan penanganan medis lebih lanjut. Pada blog ini saya lebih menekankan memilij jenis diet sehat untuk tubuh.

Sugar Busters Diet

Sugar busters diet pertama kali diperkenalkan oleh H. Leighton Steward, Sam S Andrews, Morrison C Betha dan Luis A Balart. Buku pertama kali diterbitkan pada tahun 1995 di New Orleans dan menjadi buku popular.

Sugar Busters Diet merupakan jenis diet yang berfokus untuk menghilangkan makanan mengandung olahan karbohidrat tinggi seperti nasi putih, olahan gula dan gandum yang tinggi kadar gula. Diet ini pada intinya tidak mengkonsumsi makanan dengan indeks gula tinggi.

Program diet ini menganjurkan Kamu untuk mengkonsumsi jenis makanan sehat seperti buah-buahan, biji-bijian, kacang-kacangan dan daging rendah lemak. Secara garis besar jika menjalani program diet ini tidak terlalu menyiksa tubuh. Tahap yang harus diikuti tidak menuntut Kamu harus menahan lapar.

Cabbage Soup Diet

Beberapa orang mengklaim dapat menurunkan berat badan hingga 10 pound per minggu. Jenis diet ini mengharuskan Kamu untuk melakukan perencanaan pemilihan makanan mulai hari pertama hingga hari  ketujuh. Selama satu minggu itu pula Kamu harus patuh makan jenis makanan tersebut. Dengan begini berat badan akan turun secara signifikan.

Tapi sebelum memulai diet ini perlua Kamu ketahui, sangat tidak direkomendasikan dalam jangka waktu yang panjang. Karena saat menjalani program cabbage soup diet tidak memberikan nutrisi yang sehat bagi tubuh.

Walaupun memilih makanan, diet ini lebih khusus mengolah makanan menjadi sup, makanya dinamakan dengan diet sup kubis. Diet sup kubis sebenarnya sangat membosankan karena isi supnya kebanyakan berbahan seperti tomat, paprika, kaldu dan bawang merah. Selingannya Kamu makan makanan yang sudah ditentukan tadi.

Kalau melihat dari hari kehari metode diet ini hanya makan nasi dihari ketujuh yaitu nasi merah. Kamu bisa melihat gambaran umum cabbage soup diet.

Hari 1 : Makan buah-buahan kecuali buah pisang.

Hari 2 : Masak sayuran hijau, namun tidak ada buah dan tidak boleh menggunakan tepung.

Hari 3 : Makan buah-buahan dan jenis sayur-sayuran.

Hari 4 : Pada hari ini Kamu bisa makan pisang dan susu krim.

Hari 5 : Makan ayam panggang tanpa kulit, boleh dengan tomat.

Hari 6 : Makan olahan daging sapid an sayuran.

Hari 7 : hari terakhir konsumsi nasi merah, jus tanpa gula dan olahan sayur-sayuran.

Zona Diet

Zona diet ini pertama kali dipopulerkan oleh seorang ahli biokima bernama Barry Sears. Metode zona diet sangat mendukung untuk konsumsi makanan berkalori, karbohidrat rendah dan protein dalam rasio seimbang.

Diet ini mengharuskan Kamu untuk makan lima kali sehari dengan komposisi 3 kali dan 2 makanan ringan. Dengan protein, karbohidrat rendah yang menguntungkan dan lemak dalam rasio perbandungan masing-masing 30-40-30.

Secara khusus makan sampai lima kali sehari sudah diatur dalam zona diet. Meskipun belum ada bukti dengan mengikuti program zona diet membuat tubuh lebih sehat, tidak ada salahnya untuk mencoba.

 Jenis diet paling popular di dunia yang saya ulas diatas hanya sebatas referensi dasar bagi Kamu yang ingin memilih program diet sesuai keinginan. Saya sangat menyarankan untuk membeli buku (ebook) asli yang membahas secara lengkap metode diet diatas. Tidak menutup kemungkinan saya akan mengulas detail satu persatu jenis diet tersebut.

Kalau Kamu menanyakan secara khusus diet apa yang sedang saya jalani. Secara pribadi saya masih menerapkan metode diet sehat dan tidak menyiksa tubuh. Pada intinya saya melakukan diet dengan wajib berolah raga minimal 1 jam perhari disamping memperhatikan jenis asupan makanan.

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa subscribe dan bertanya via kolom komentar.

Leave a Reply

Instagram